Sunday 6 August 2017

[Tips & Tricks] How to solve Windows boot error for Windows 8 & 8.1 (Error 0xC000021a)




Postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara menangani error yang krusial dan sering terjadi di Windows 8 & 8.1. Error kali ini Operating System menunjukan sebuah kode (Error 0xC000021a). Kode ini muncul karena salah satu file penting untuk booting corrupt. Jika sudah seperti ini pilihan baik untuk repair, masuk safe mode, refresh your PC & System Restore sekalipun tidak akan bisa.....


Berikut ini adalah penyebab terjadinya error diatas & Cara mengantisipasinya:

1. Windows Update : Jika Operating System yang digunakan Piracy (Bajakan) sebisa mungkin hindari yang namanya Windows Update, Bisa dengan cara klik kanan pada menu taskbar--->task manager--->Services--->Open Services--->klik kanan Windows Update--->Pada Startup Type pilih "Disabled"--->kemudian pada service status pilih "stop"--->klik OK.

2. Multiple Booting : Bagi kalian yang di PCnya menggunakan Dual Boot sebagai contoh Windows 7 dan Windows 8 & 8.1, kemudian main bootnya berada di Windows 8 & 8.1. Secara otomatis kalian tidak akan bisa masuk OS Windows 7 dikarenakan terlebih dahulu harus masuk main bootnya di Windows 8&8.1 tetapi dikarenakan main bootnya Error di Windows8&8.1 (Error 0xC000021a), maka kalian tidak bisa mengakses OS Windows 7. Jika sudah tidak ada pilihan lain untuk recovery main boot Windows 8&8.1 sekalipun menggunakan DVD OSnya atau USB ISO tidak bisa. satu-satunya cara yaitu kalian bisa install ulang Windows 8&8.1. Tidak perlu panik Data kalian hilang, dikarenakan System Windows sekarang jika install ulang sepenuhnya tidak akan menghapus OS Windows 8&8.1 kalian yang lama, tetap ada dan jadi Windows Old.

===========================================================

Jadi kesimpulannya adalah, kalian harus back up Operating System kalian telebih lagi untuk main boot yang menggunakan Dual boot minimal 2-3 bulan sekali. Untuk mencegah supaya kalian tetap bisa akses jika error ini terjadi sudah ada back up Operating Systemnya. Kalian bisa membackup OSny dengan ditransfer ke DVD atau dijadikan ISO. Jadi nanti suatu saat error, kalian bisa load / memuat ulang Operating System kalian, terakhir kalian back up. Untuk Data, Jangan sekali-kali ditaruh di Desktop atau My Document untuk mencegah data hilang disaat kalian melakukan install ulang OS.



Terima Kasih................
Share:

0 komentar:

Post a Comment