Sunday 24 April 2016

[Tips & Tricks] How to fix the error Blue Screen Code: 116

BSOD-116
BlueScreen Code : 116
BlueScreen merupakan layar pemberitahuan bahwa terjadi kerusakan pada PC atau laptop kalian, baik itu Software ataupun Hardware, tentu kalian tidak ingin hal ini terjadi bukan..., BlueScreen juga merupakan tahap awal akan terjadi kerusakan yang fatal pada PC atau laptop kalian, dari segi perbaikannya pun cukup sulit mengingat banyak sekali code blueScreen yang ada untuk mengidentifikasi kerusakan, namun kali ini saya akan memberi tahu cara untuk memperbaiki error BlueScreen untuk Code : 116 bedasarkan pengalaman saya, Code ini pun sering muncul pada PC atau laptop ketimbang code lainnya.
Pada BlueScreen Code : 116 permasalahan biasanya terletak pada :
1. Driver VGA
2. VGA
3. Chipset Driver
4. Slot PCIe xx atau Slot VGA
Berikut ini merupakan Tips & Trick untuk memperbaiki error BlueScreen Code : 116 :
1. Kerusakan yang biasa terjadi itu pada Driver VGA yang tidak kompatible pada VGAnya sendiri atau terjadinya error pada file Drivernya, Solusinya kalian bisa menginstall ulang Driver VGA sebelum terjadi kerusakan BSOD 116, atau bisa install Driver bawaan dari VGAnya.
2. VGA yang terlalu panas, biasanya terjadi karena kalian terlalu lama bermain game jadi kinerja VGA akan lebih berat dari sebelumnya, Solusinya kalian bisa mengatur waktu kalian untuk main game, istirahatkan PC atau laptop kalian terlebih dahulu setelah 3 jam kecuali memiliki dukungan pendingin lebih, itupun tidak akan berefek lebih untuk PC atau laptop kalian, jadi direkomendasikan setelah 3 jam biarkan PC atau laptop kalian di matikan, apalagi game sekelas 3D yang benar-benar membuat VGA kalian berkerja keras untuk mendisplay bit-bit pixel ke monitor.
3. Chipset Driver, ini agak jarang terjadi kecuali benar-benar driver chipsetnya rusak karena virus atau hal lainnya, Solusinya kalian bisa install ulang driver chipsetnya.
4. Slot PCIe atau Slot Pin VGA, ini terjadi mungkin karena slot PCIe yang sudah kotor kena debu atau rusak jadi membuat VGA tidak bekerja secara normal, Solusinya kalian bisa membersihkan slot PCIenya dengan kuas atau jika rusak, kalian bisa menggantinya ke slot PCIe lainnya. Bisa juga terjadi karena slot Pin pada VGAnya yang kotor, jika kalian punya VGA external seperti Nvidia atau ATI jika dicabut dari slotnya VGA memiliki pin-pin kuningan, itulah slot yang terpenting dari VGA, jika kotor cobalah bersihkan dengan menggunakan hapusan biasa kemudian pasang kembali.
Mungkin itu beberapa Tips & Trick untuk memperbaiki BSOD pada code : 116 yang pada umumnya sering terjadi, jika memang semua langkah sudah dilakukan masih BSOD, kemungkinan terjadi kerusakan komponen pada VGA kalian. Satu-satunya cara hanya membeli VGA yang baru.
Terima Kasih......
Share:

0 komentar:

Post a Comment