Sunday 24 April 2016

[Tips& Tricks] Planning a hardware spare parts to assemble your own computer

Merakit komputer adalah hal yang sulit bagi seseorang yang awam, namun kalian setidaknya bisa merencanakan untuk merakit komputer kalian sendiri, dalam hal merencanakan perakitan komputer tidak seperti kalian membeli sesuatu di pasar atau membeli makanan di restoran yang bisa kalian lakukan sesuka kalian yang kalian mau, dalam hal merencanakan perakitan komputer, beberapa spare part hardware komputer harus dibeli dengan perencanaan yang baik dan tepat
Berikut ini perencanaan dalam menentukan spare part hardware komputer :
Sebelum melakukan perencanaan terlebih dahulu kalian tentukan kebutuhan untuk apa kalian membeli komputer tersebut, apakah untuk gaming atau mengerjakan tugas biasa seperti desain, dll.
Untuk gaming
1. Pilihlah processor yang tepat untuk kebutuhan bermain game kalian, jika game yang biasa kalian mainkan sekelas 3D, maka processor minimal core I3 atau bisa diatasnya, yang penting kecepatan clocknya biasanya diidentifikasi dari berapa GHz.
2. Dalam Pemilihan Motherboard, yang terpenting adalah tipe socket apa untuk processornya, tipe socket Motherboard harus sama dengan tipe socket pada Processor, jika tidak bisa terjadi kerusakan internal pada Motherboard atau Processor. lihat juga slot pada RAM, setidaknya Motherboardnya memiliki 4 slot untuk RAM, jadi bisa up to 32GB, masing-masing 8GB pada RAM.
3. Pemilihan RAM juga harus disesuaikan tipe DDRnya pada Motherboard, jika RAM yang kalian beli DDR3, maka Motherboardnya juga harus DDR3, begitu pula sebaliknya, jika berbeda, bisa terjadi kerusakan internal pada komputer yang membuatnya tidak mau menyala.
4. VGA : Inilah bagian terpenting untuk gaming, VGA, tentukan merk dan tipe VGA yang cocok buat kalian, minimal VGA sudah GTX untuk Nvidia, atau ATI sudah HDxxx, dalam spesifikasi VGA yang terpenting pilihlah kapasitas bandwidth yang besar dapat diidentifikasi dari berapa GB, dalam VGA juga terdapat GDDRx, jangan bingung, jika RAM sama Motherboard harus singkron dalam DDR, maka VGA tidak perlu singkron pada RAM ataupun Motherboard, jika VGAnya GDDR5, RAMnya DDR3, dan Motherboardnya DDR3, maka tak jadi masalah.
5. PSU (Power Supply), ini juga merupakan bagian terpenting untuk gaming, kalian harus bisa melakukan perhitungan estimasi berapa daya yang dibutuhkan untuk Komputer kalian, kalian bisa melakukan kalkulasi dengan menjumlahkan daya (Watt) dari Processor,VGA dan kipas (Opsional), itu adalah bagian yang terpenting untuk RAM, dan Motherboardnya bisa di sesuaikan dengan kebutuhannya, jika kalian tidak tepat memilih PSU akan terjadi 2 kemungkinan :
  • OverPower : dimana daya yang dibutuhkan lebih dari perkiraan, melebihi spesifikasi dari masing-masing Spare part hardwarenya sendiri. Ini mungkin tidak apa-apa tetapi daya yang dibutuhkan PSU tentu akan lebih besar, tidak efisien.
  • DropPower : dimana daya yang dibutuhkan untuk masing-masing spare part kurang, ini yang berbahaya, jika daya yang dibutuhkan kurang dapat merusak hardwarenya sendiri, apalagi saat main game, daya yang dibutuhkan lebih besar, kemungkinan besar akan terjadi restart komputer sendiri.
6. Harddisk, Kipas (Fan), DVD atau Bluray ROM dapat disesuaikan sesuai kebutuhan kalian, kalau bisa disesuaikan kabel data dari PSU sama dengan slot data pada Harddisk,Kipas,DVD atau Bluray ROM.
7. Casing, pemilihan casing pun tidak boleh sembarangan, karena bisa terjadi ketidakcocokan penempatan untuk masing-masing spare part hardware, pilihlah casing minimal yang ukurannya Middle, untuk gaming.

Untuk kebutuhan biasa seperti desain, dll, hal yang penting terdapat di point 1,2,3,5, dan 6, untuk point 4 dan 7 merupakan hal penting untuk komputer gaming yaitu VGA dan Casing.

Catatan : Tentu untuk orang yang sangat awan dalam merencanakan hal ini butuh bimbingan dari ahlinya agar tidak terjadi salah beli spare part dan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.
Share:

0 komentar:

Post a Comment