Saturday 22 July 2017

[Tips & Tricks] Harddisk not detected while installing Operating System






Kerusakan harddisk pada umumnya hanya terlihat sebatas secara fisik seperti kerusakan sector (Bad Sector), Pin data yang sudah berkarat, dll. namun ada beberapa kerusakan harddisk secara logic seperti pada kasus ini, tidak terdeteksinya harddisk saat install ulang, Disaat kita install ulang, tiba-tiba harddisk kita tidak terbaca oleh sistem Operating System.


Troubleshooting :

1. Pastikan Harddisk tidak error secara fisik, seperti ada kecacatan habis kebanting, atau tertimpa sesuatu bisa dicek dengan cara masuk BIOS dengan menekan tombol sembarang (Del, F1 sampai F12) tergantung tipe komputer kalian, saat komputer pertama kali dinyalakan.

2. Jika sudah dipastikan terbaca oleh BIOS, kemudian kembali Install Windows dengan cara yang sama, namun kali ini masuk ke System Recovery Option ---> command Prompt ---> ketik "Disk Part"--->"list disk"--->select disk (identifikasi harddisk kalian yang mana ingin di jadikan operating system dengan cara melihat kapasitas pada harddisk yang tersedia.

Note : Jika kasusnya kalian ingin install ulang baru di harddisk yang sudah ada data kalian hanya saja di partisi yang berbeda...(Pastikan backup semua dulu data kalian dengan memasang harddisk kalian dikomputer lainnya yang normal) karena nantinya harddisk tersebut akan diformat sepenuhnya.

Pilih --->"clean"--->"create partition primary"--->"format fs-ntfs quick". Tunggu hingga selesai proses format.

3. Selanjutnya Install kembali operating system di Drive Harddisk yang sudah di format sebelumnya.




Terima Kasih............

Share:

0 komentar:

Post a Comment